Saturday, January 24, 2009

Kesalahan Dasar pada Blogger

Kesalahan - Kesalahan Dasar dalam Blogging
Posted by - s L i K e R s -
Ada beberapa kesalahan dalam dunia blog - memblog yang menurut saya pada akhirnya blog tersebut akan menjadi kurang berkembang. (padahal blog saya ini juga belum berkembang. Tapi gpp lah, namanya juga media sharing informasi, gak ada salahnya kita saling berbagi.
Beberapa poin di bawah ini sebetulnya bukan murni semua hasil pemikiran saya sendiri, ada beberapa yang saya ambil dan kembangkan dari artikel - artikel lain.


Kesalahan perihal Design :


1. Themes terlalu standar atau terlalu heboh

Gak sedikit yang pemilihan themes blog terlalu standar. Gak sedikit juga themes yang terlalu heboh dengan segala warna - warni dan pernak - perniknya. Sebaiknya pilih themes yang wajar dan sesuai dengan tema yang diusung.

2. Terlalu banyak widget dan aksesoris

Sering para blogger ingin memasukkan semua widget dan aksesoris ke dalam blognya. Alasannya standar : duh ini lucu, wah ini bagus, keren euy kalau ada ini, dan alasan - alasan lainnya. Padahal semakin banyak memasang widget dan aksesoris, maka kerja loading blog akan semakin berat. Efeknya, pembaca akan kabur dan males mampir ke blog kita. (blog saya termasuk berat ga ya loadingnya? :()

3. Sususan tidak rapi dan teratur

Masih berhubungan dengan poin kedua diatas, jika widget dan aksesoris makin numpuk, kemungkinan tidak teratur dan tidak rapi makin besar. Hal ini jadi kurang enak dipandang.

4. Sering ganti themes

Terlalu sering mengganti themes akan membuat pengunjung merasa aneh. Jangan - jangan blog ini belum jadi dan belum siap diluncurkan.

5. Tanpa Read More dan Kategori

Blog yang tidak ada read more (bablas terus artikel sepanjang - panjang dewa ke bawah) akan membuat kurang enak dibaca. Blog yang tidak ada kategori akan menurunkan SEO dan membuat pengunjung sulit mencari bacaan lain di blog kita.

Kesalahan perihal SEO :

Mengenai masalah SEO ini, jujur saya belum begitu mengerti. Sekarang juga sambil belajar juga. Jadi maapkan kalau rada - rada ngaco. :p

1. Terlalu banyak menonjolkan SEO dalam postingan

Wah, saya bingung saya salah juga dalam poin ini atau tidak. Tapi intinya, jangan terlalu memaksakan setiap keyword yang berpotensi menjadi SEO, di blok atau di italic semua. Cukup 1 sampai 3 penekanan pada keyword di setiap paragraf.


2. Menjadi pengemis backlink

Adanya backlink dalam blog orang lain yang menuju ke blog kita, jelas akan meningkatkan nilai SEO dan PR kita. Tapi apakah harus dengan mengemis untuk meminta hal tersebut? :D

3. Melakukan kecurangan - kecurangan SEO

Saya gatau persis kecurangan yang seperti apa. Tapi dari beberapa artikel yang saya baca, memang untuk meningkatkan SEO bisa dicurangi (entah menggunakan software apa, atau ikut program apa, entah deh kurang jelas).

Kesalahan perihal promosi blog :

1. Melakukan spamming

Namanya spam citranya udah buruk. Jadi janganlah melakukan spam untuk promosi (jadi untuk apa? gak tau, pokoknya jangan spam deh :D). Membanjiri shoutbox juga termasuk spam kayanya.. :D

2. Gak melakukan promosi

Ini jelas salah, kalau blog kita isinya standar dan topik yang dipilih tidak 'special' dan tidak 'unik', maka otomatis tanpa melakukan promosi akan sulit bisa mendapat pengunjung. Hal ini mungkin lebih berlaku ke blogspot. Soalnya dari pengalaman, blog wordpress saya jarang promosi tapi lumayan ramai pengunjungnya. :p

Karena artikel ini sudah terlalu panjang, jadi untuk saat ini di-stop sampai sini dulu saja. Anggap ini sebagai part 1. Masih ada beberapa poin yang akan dibahas di part 2, terutama kesalahan perihal topik, isi, dan materi blog. So, jangan kemana - mana ya, tetap tongkrongin blog ini..
By : SlikerS .

Anda Sudah Baca Yang Ini? :

2 komentar:

Klik Here To Show All Comment


Rizky2009 Saturday, December 12, 2009 6:55:00 PM  

dari sini mas mulai belajar, d awal2 postingan mas juga copaz dari isi emailnya mas karena mas bingun mau posting apa, semua postingan mas juga g murni hasil pemikiran mas sendiri

ronaldorozalino.com Wednesday, February 17, 2010 4:01:00 AM  

Dunia Blogger adalah dunia yang penuh kompetitif dan mencerahkan!!! Majulah Blogger Indonesia!

Post a Comment

newer page older page home
top