Saturday, February 28, 2009

Membahas Sex Frigid Pada Kaum Wanita

Frigiditas adalah suatu keadaan di mana seorang wanita tidak bisa menikmati orgasme melalui berbagai macam teknik perangsangan seksual atau bisa diartikan pula sebagai hilangnya libido seorang wanita untuk melakukan hubungan seksual.
Kondisi yang termasuk dalam frigiditas adalah kondisi penghindaran hubungan seksual (sexual aversion disorder) dan kondisi yang menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks (sexual pain disorder).

Frigiditas yang disebabkan oleh menurunnya libido seorang wanita untuk melakukan seks, secara fisik dapat terlihat dari beberapa gejala di bawah ini:

~ Berkurang atau hilangnya lubrikasi (pelumasan) vagina

~ Berkurangnya elastisitas vagina

~ Penurunan pembesaran klitoris (hal ini analog dengan momen ereksinya penis pada pria)

~ Penurunan sensasi di daerah genital atau puting payudara

Umumnya, keluhan wanita yang mengalami frigiditas adalah tidak mengalami orgasme dan tidak dapat menikmati hubungan seks tersebut, serta banyak wanita yang menderita frigiditas ini mengeluh sakit saat melakukan hubungan seksual, akibat dari keringnya lubrikasi vagina.

Apakah Penyebab Frigiditas?

Para ahli berpendapat bahwa sebagian besar kasus-kasus frigiditas adalah sebagai akibat 'multi-faktorial' yang kompleks dan tidak ada satu penyebab mencolok yang menyebabkannya. Namun, secara garis besar bisa dibagi menjadi dua kelompok penyebab, yaitu:

1. Kondisi fisik dan non-emosional yang menyebabkan turunnya libido wanita, sehingga ia enggan melakukan hubungan seks. Misalnya menurunnya lubrikasi alamiah vagina, sebagai akibat dari singkatnya waktu perangsangan atau foreplay atau sebagai akibat dari kekurangan hormon estrogen, baik yang diderita semenjak muda atau akibat dari peristiwa menopause.

Keringnya kondisi vagina atau vaginal dryness ini kemudian akan menyebabkan sakit saat berhubungan seks atau dalam terminologi kedokteran dikenal sebagai dyspareunia.

Dyspareunia ini juga bisa timbul bila ada luka pada vagina (karena si wanita baru saja melahirkan), adanya infeksi di daerah vagina atau vulva, infeksi saluran kemih dan kondisi vagina yang tak normal, seperti vagina yang sempit.

Kondisi lainnya yang juga termasuk penyebab frigiditas dalam golongan ini adalah:

~ Penyakit kronis atau penyakit akut yang menyebabkan gangguan hormon.

~ Gangguan pada sistem saraf pusat, misalnya pada cedera tulang belakang atau penyakit multiple sceloris.

~ Konsumsi alkohol yang berlebihan

~ Penyalahgunaan obat-obatan.

2. Kondisi emosional si wanita yang akhirnya menyebabkan frigiditas, misalnya:

~ Stress

~ Depresi

~ Ketakutan akan hamil, ketakutan akan hubungan seksual (erotophobia), kecemasan yang berlebihan akan rasa sakit saat melakukan seks

~ Rasa bosan akan hubungan seks

~ Adanya konflik atau rasa ketidakpuasan terhadap pasangan

~ Rasa malu atau rasa bersalah saat melakukan hubungan seks

~ Trauma akan hubungan seks setelah mengalami pelecehan seksual di masa lalu

Tips dan trik untuk menghindari frigiditas :

1. Selalu saling terbuka dan jujur mengenai masalah seksualitas. Komunikasikanlah ketidakpuasan yang dirasakan saat melakukan hubungan seksual.

2. Cari variasi baru teknik bercinta untuk mencegah timbulnya kebosanan. Variasi dapat dilakukan mengganti posisi bercinta, mencari suasana baru dengan melakukan seks di tempat lain selain kamar tidur atau selain di rumah.

3. Perpanjang waktu untuk melakukan foreplay, kenalilah daerah-daerah erotis pasangan dan bermainlah dengan zona-zona tersebut untuk membangkitkan gairah pasangan Anda.

4. Gunakan lubrikasi tambahan bila diperlukan, jangan tunggu sampai terjadi nyeri.

5. Bila masalah tidak juga teratasi, jangan ragu untuk segera meminta bantuan ahli.

Anda Sudah Baca Yang Ini? :

2 komentar:

Klik Here To Show All Comment


Blok c No.3 Sunday, March 01, 2009 5:53:00 PM  

Harus banyak - banyak minum jamu tuh...rekomendasi Anggur Cap Orang Tua...sehari 1 botol (mabuk dah...) hehehe...

Post a Comment

newer page older page home
top