Saturday, February 07, 2009

Biografy Megawati Soekarno Putri Mantan Presiden Indonesia Ke-5

Biografi Mantan Presiden Republik Indonesia Ke 5 Megawati Sukarnoputri

(b. 1947), Presiden Republik Indonesia. Megawati Sukarnoputri adalah putri dari Indonesia founderand presiden pertama, Sukarno (1901-1970), yang memerintah di Indonesia 1949-1965. Dia mendapat dua kali yang diperoleh perguruan tinggi, namun tidak pernah mendapatkan gelar. Walaupun lahir di Jawa dan dibesarkan sebagai seorang Muslim, Megawati tinggal di Bali di mana ia besar dibangun atas dasar dukungan politik di antara masyarakat Hindu dan Kristen di luar pulau. Megawati menjadi tokoh terkemuka di Indonesia, pada tahun 1995 ketika dia memenangkan kontrol dari Kristen-nasionalis Partai Demokrat Indonesia (PDI), salah satu dari tiga pihak hukum di bawah rejim Suharto (b. 1921), 1965-1998. Selama bertahun-tahun Megawati menerima status quo dikenakan oleh Suharto rezim Orde Baru. Dia mulai menjadi kritis dari rejim Suharto pada 1994-1995, accusing it yg merajalela dari korupsi dan nepotisme. Outspokenness marah pada dia, pada bulan Juni 1996 pemerintah yang didukung-fraksi dari PDI ousted dia dari pihak kepemimpinan yang luar biasa dalam kongres partai. Dari rejim yang kaku dan taktik backfired dipicu demonstrasi massal di Jakarta yang akhirnya menyebabkan diri Suharto pada bulan Mei 1998.

Megawati Sukarnoputri pada apel di Februari 2000 di mana dia didukung anggota partai untuk presiden. (AFP / CORBIS)

Berhutang kepadanya politik stambom, Megawati menjadi simbol perlawanan terhadap rezim. Megawati membentuk partai baru, maka untuk Demokrasi Indonesia Perjuangan Partai (PDI-P) pada tahun 1998. Partai yang memenangkan kursi di pemilu Juni 1999, tetapi tidak mencapai mayoritas yang tegas. Megawati telah outmaneuvered, dan koalisi partai Islam sebagai gantinya dipilih Abdurrahman Wahid (b. 1940), Islam yang moderat dan pastor kepala di Indonesia organisasi Islam terbesar, maka Nahdlatul Ulama. Dalam kuasa-berbagi kesepakatan, Megawati menjadi Vice President. Berikut Wahid dari tuduhan untuk ketidakmampuan ekonomi dan salah urus pada Agustus 2001, Megawati menjadi presiden Indonesia yang kelima. Megawati telah di bawah serangan dari Muslim berorientasi publik dan pihak-pihak tergugat untuk menentukan dia kurangnya kepemimpinan di tengah-tengah krisis ekonomi yang berkepanjangan.

Megawati adalah pemimpin pertama Muslim untuk mengunjungi Amerika Serikat setelah serangan 11 September 2001, dan ketika ia mengutuk semua tindakan teroris, dia juga sangat penting dari kampanye militer AS di Afghanistan.

Schwartz, Adam. (1999) A Bangsa di Menunggu: Indonesia Mencari Stabilitas. 2d ed. Boulder, CO: Westview Press.

Anda Sudah Baca Yang Ini? :

2 komentar:

Klik Here To Show All Comment


Baca Manga Friday, June 11, 2010 3:46:00 PM  

Mengajak tukar link dan berteman sob...:D

lagi belajar mencari backlink :D

maaf sebelumnya bukan spam...

mohon dimengerti

salam kenal

Post a Comment

newer page older page home
top