Saturday, November 28, 2009

Manohara's Views on Indonesia Corruption: Bagaimana Kita Ubah?

manohara vs kpk
Korupsi. Saya pertama kali menjadi akrab dengan konsep ketika saya masih di kelas tiga di sebuah sekolah internasional di Perancis. Salah satu teman sekelas saya bercerita tentang ibunya mendapatkan menepi karena ngebut saat mengemudi ke sekolah. Dia khawatir karena lisensi mereka membawanya pergi karena pelanggaran lalu lintas sebelumnya. Guru kami mencoba untuk menghibur anak miskin, yang tampak seperti dia pikir ibunya itu akan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.
Sebagai guru menjelaskan bahwa ibunya mungkin hanya perlu mengisi beberapa formulir, saya menyela dan mengumumkan dengan bangga ke kelas yang di tanah air yang indah di Indonesia Anda dapat saja memberi seorang polisi setara dengan euro atau lebih dan pergi dengan ngebut!

Semua anak-anak lain pikir ini sejuk dan bertanya padaku apa lagi orang-orang di Indonesia membayar untuk itu mereka tidak bisa di Perancis. Aku tidak membutuhkan banyak waktu untuk berpikir dan sangat santai berkata, "Yah Anda dapat membayar kartu identitas Anda, mendapatkan SIM, melewati keamanan bandara, masuk ke kepolisian - hampir semuanya benar-benar." Guru terkekeh dan kemudian tampak mataku dan berkata, "Itu disebut menyuap, dan itulah yang membuat negara Anda yang korup satu."

Dia menjelaskan kepada kelas efek mengerikan yang korupsi di suatu negara. Satu hal yang menjadi sangat dekat dengan hati saya adalah kemiskinan, korupsi hasil sampingan lain sesuai dengan guru. Pada saat itu perasaan saya berubah. Dari menjadi terlalu percaya diri dan membual tentang negara saya, saya mengembangkan memalukan, sakit, perasaan kecewa di perutku. Aku merasa agak dikhianati oleh ibu pertiwi.

Pada saat makan siang bel berbunyi, semua anak mungkin sudah lupa tentang kejadian itu tapi aku tidak. Hanya itu yang aku bisa memikirkan melalui matematika, geografi dan sains kelas. Bukannya bergegas ke kantin, aku bergegas ke perpustakaan sekolah sepi dan dengan bantuan komputer saya belajar sebanyak mungkin bisa di 45 menit tentang korupsi. Sejak hari itu pandangan saya pada "kemudahan" korupsi berubah.

Apakah korupsi nyaman? Ya. Kebanyakan orang yang saya tanya mengatakan bahwa korupsi adalah tindakan yang keji sebagian besar dilakukan oleh pemerintah dan "elite." Kemudian saya bertanya apakah mereka pernah menyuap polisi ketika sedang berhenti untuk pelanggaran lalu lintas. Tidak ada yang mengatakan tidak.

Aku datang untuk menyadari bahwa penyuapan telah menjadi seperti bagian biasa dari kehidupan kita sehari-hari di sini bahwa jutaan orang berkontribusi untuk itu setiap hari tanpa menyadarinya. Kami suap semudah yang kita hirup; kami sangat digunakan untuk membayar jalan keluar dari setiap sedikit ketidaknyamanan dalam hidup bahwa kita hampir membuatnya tampak OK untuk menjadi korup.

Apakah ini mengapa korupsi adalah sedemikian besar, tampaknya masalah terpecahkan di Indonesia? Apakah ini mengapa kita tidak bisa menemukan solusi untuk masalah ini? Apakah karena korupsi adalah satu masalah kita tidak bisa membayar jalan keluar dari kita?

Dalam pikiranku, solusinya harus dimulai dengan mengubah pola pikir kita ke arah aspek-aspek yang nyaman bertindak korup. Kita harus membuat perubahan dalam sikap mental kita terhadap korupsi sebelum hanya menyalahkan pemerintah. Saya melihat ini sebagai hampir seperti pergi hijau, orang tidak bisa menyalahkan pabrik-pabrik yang mencemari besar saat berkendara sebuah SUV menenggak bahan bakar.

Sayangnya, uang adalah kekuasaan. Satu hal yang mengganggu saya yang paling tentang korupsi adalah efeknya terhadap kaum miskin dan tak berdaya. Yang tak berdaya hampir setengah dari jumlah penduduk Indonesia, dan mereka hidup dengan kurang dari Rp 20.000 ($ 2,10) per hari.

Jadi mari kita lihat para pejabat pemerintah di Indonesia. Sebagai contoh, menteri. Hari ini mereka mendapatkan sekitar Rp 19 juta per bulan. Ketika saya melihat orang menghabiskan jumlah penghasilan yang jauh lebih dari itu hanya dalam satu hari, misalnya, tanpa pekerjaan lain di samping, saya tidak bisa tidak akan bingung. Aku tidak bisa menahan diri untuk bertanya apakah uang yang mereka menghabiskan mobil keempat mereka (yang kemungkinan besar tidak akan digunakan) adalah uang yang seharusnya digunakan untuk membantu mereka yang kurang beruntung, membangun sekolah baru atau membantu korban bencana alam.

Aku sedang berbicara dengan pria yang sangat terhormat hari yang lain. Dia bekerja di posisi yang sangat tinggi di salah satu bank terbesar di Indonesia. Aku dibesarkan subjek Padang gempa bumi dan mengatakan padanya betapa aku bahagia bahwa stasiun-stasiun TV mengangkat sejumlah besar uang untuk para korban. Seperti yang saya katakan bahwa, dia tersenyum pada kenaifan dan dia kemudian memberitahu saya bahwa salah satu stasiun lokal dinaikkan sebesar Rp 17 miliar. Berapa banyak yang pergi ke Padang? Rp 3 milyar. Apa yang terjadi dengan Rp 14 miliar? Siapa tahu.

Kasus korupsi terbaru untuk meledakkan adalah, tentu saja, seluruh masalah dengan Bank Century, atas pejabat pemerintah, kepolisian dan KPK dll dll dll Apa kaupikir siapa pun yang terlibat dalam kekacauan ini tidak bersalah korupsi? Aku tidak.

Semakin saya menggali masalah ini, semakin saya menyadari bahwa seluruh sistem itu korup. Kita tidak bisa memperbaiki apa pun dengan hanya menembakkan sekelompok orang karena, secara harfiah, semuanya korup. Korupsi adalah dan akan menjadi bagian dari budaya kita kecuali kita membuat perubahan yang nyata dalam diri kita sendiri.

Menurut pendapat saya satu-satunya cara untuk membuat kemajuan adalah dengan mengatasi masalah di akar, mulai dari nol. Bagaimana kita melakukannya? Kita harus mengubah cara berpikir kita. Harus ada kuliah serius di sekolah, anak-anak harus didorong untuk memiliki suara dan nyata pendapat tentang masa depan bangsa mereka - membuat mereka mengembangkan pikiran mereka bukan hanya menempel pada buku-buku pelajaran dan menganggap semua yang mereka baca adalah kebenaran. Di sekolah-sekolah umum, kita harus mendidik anak-anak lebih banyak tentang peristiwa terkini dan korupsi, membuat mereka memperdebatkan masalah dan memperluas pikiran mereka. Mereka pada dasarnya membutuhkan pandangan mereka sendiri daripada mengikuti cara hal-hal yang selalu dilakukan. Ayo, sekarang yang "dewasa" tidak menetapkan apa yang saya sebut contoh yang baik. Mereka perlu ditantang oleh kaum muda.

Aku tahu perubahan semacam ini akan memakan waktu yang lama dan aku mungkin menjadi nenek-nenek tua sebelum itu akan mulai memiliki efek nyata tapi kami HARUS berubah suatu hari nanti. Aku benar-benar bosan melihat orang-orang mengeluh, tetapi kemudian melakukan apa-apa tentang masalah korupsi; itu membuat semua orang kelihatan seperti munafik. Jika tidak ada orang yang bersedia untuk menghentikan budaya ini benar-benar pekerjaan buruk dengan niat baik dan tidak ada uang kotor yang terlibat, itu tidak bisa lebih baik. Kurasa aku akan menjadi munafik juga jika aku tidak mencoba untuk melakukan sesuatu. Mungkin kedengarannya agak terlalu ambisius untuk 17 tahun gadis seperti aku, tetapi aku bertekad untuk melakukan sesuatu tentang hal itu. Aku yakin bahwa kita dapat berubah.

Aku akan mengakhiri dengan salah satu kutipan favorit saya oleh Margaret Mead, antropolog budaya Amerika: "Jangan pernah meragukan bahwa sekelompok kecil yang bijaksana, warga negara berkomitmen dapat mengubah dunia, memang, itu satu-satunya yang pernah memiliki."

Manohara adalah seorang model dan aktris televisi.

Anda Sudah Baca Yang Ini? :

18 komentar:

Klik Here To Show All Comment


Mr. X Saturday, November 28, 2009 9:41:00 AM  

@ halah Pit onta kalau liat cewek ayu dan semox pasti begitu...hik

Unknown Saturday, November 28, 2009 12:10:00 PM  

bagai manapun caranya....korupsi harus tetap di berantas...

nol-pitu Saturday, November 28, 2009 12:34:00 PM  

Saya setuju dengan gagasan Mano untuk menanamkan pemahaman anti korupsi sejak dini. Memang kita harus menggu hasilnya setelah mereka besar, atau mungkin setelah anak-cucu mereka besar dan menggantikannya. Lama memang, tapi kalau tidak kita mulai sejak saat ini, akan lebih lama lagi.

Selain itu, untuk para pejabat negera, kita harus lebih kritis dan mengawasi mereka secara bersama-sama. Mendukung KPK dengan lebih keras. Mengawasi jalanya pengadilan kasus polisi lebih seksama lagi. Media juga harus komitment untuk melakukan hal yang sama. Intinya, penegakkan hukum harus benar-benar dijalankan, dan kita semua, masyarakat, tidak boleh apatis lagi, harus bergerak untuk membantu tegaknya hukum, terutama pengawasan kita tingkatkan. Suara kita, kita keraskan, kalau perlu menggunakan tenaga dalam hehhehh....

Sekali lagi tidak mudah, seperti kata Mano, tapi harus kita mulai sejak dini, mulai saat ini, dari diri kita sendiri tentunya. Mari kawan-kawan, kita ikut Mano, mencerdasakan masyarakat untuk bertindak benar, demi gerakan anti korupsi dan masa depan anak-cucu kita semua!

Anonymous,  Saturday, November 28, 2009 1:22:00 PM  

Korupsi-kosupsi... ~x(

al-basri Saturday, November 28, 2009 1:34:00 PM  

menarik... saya membaca dan mengamati artikel ini. satu pengalaman, kritikan dan harapan dari seorang warga.

saya tidak komen banyak, sebab saya bukan warga Indonesia.
semoga berhasil dan terima kasih buat adik..

Rizkyzone Saturday, November 28, 2009 1:57:00 PM  

korupsi ada dimana2..... g cuma kalangan para pejabat.... aq sendiri juga pernah korupsi waktu masih sekolah, bahkan korupsi bisa dlakukan kapan aja, korupsi waktu

munir ardi Saturday, November 28, 2009 2:40:00 PM  

mari berantas korupsi mulai dari orang-orang sekitar kita

masterGOmaster Saturday, November 28, 2009 3:11:00 PM  

kira kira indonesia bisa bersih dari KKn nggak ya...oke aku serahkan saja sama pemimpinnya dan semoga indonesia bisa makmur

rumah blogger Saturday, November 28, 2009 4:10:00 PM  

saya juga tidak setuju dan menantang yg namanya korupsi, apalagi korupsi dilakukan dengan berjamaah...hehehehe (kritis juga ya gw)

Novianto Saturday, November 28, 2009 8:45:00 PM  

Peduli dengan nasib bangsa..korupsi emang susah diberantas seperti panu yang nyebar dengan cepat :)..tapi yang menarik menurut saya " Jangan pernah meragukan sekelompok orang kecil yang bijaksana dan warga negara yang berkomitmen dapat merubah dunia" ( sedikit diubah ni :P )

Anonymous,  Saturday, November 28, 2009 10:35:00 PM  

jiah pencinta manohara rupanya bro??? copy paste dari infotement ga tuh beritanya???? jawab di my blog ya...

misterdicious Sunday, November 29, 2009 12:53:00 AM  

diantara semua hal2 positif yang gw yakini, cuma pemberantasan korupsi yg bikin pesimis :D

Mr. X Sunday, November 29, 2009 2:23:00 AM  

@ he he ...
Korupsi sudah jadi budaya kok ...
Kalau bersih gak ada yang korupsi kayaknya masih jaaaauuuuuh sekali ...
Jika uang sudah gak enak kali ya?


Untuk saat ini uang masih enak, jadi korupsi kayaknya ya enak-enak saja.

Jika iman seorang pemimpin kuat pasti takut dosa.

Jadi pilih saja pemimpin yang beriman. Untuk Monahara itu hanya figur yang mencoba dari ribuan bahkan jutaan figur yang mengajak kebaikkan.

Seti@wan Dirgant@Ra Sunday, November 29, 2009 8:25:00 AM  

hanya orang-orang bijaksana yang bisa mengubah negeri ini menjadi jauh lebih baik. Moga pemerintahan sekarang ini sudah mengarah kesana.

Seti@wan Dirgant@Ra Sunday, November 29, 2009 8:29:00 AM  

Moga aja pemerintahan sekarang ini akan lebih bijaksana sehingga membawa NKRI jauh lebih baik, Amin.

the international times Sunday, November 29, 2009 1:14:00 PM  

kita harus terima kennyataan korupsi di ibu pertiwi kita ini tdk akan bisa di berantas dalam kurun waktu 1 dasawarsa lagi....:)

Seti@wan Dirgant@Ra Tuesday, December 01, 2009 2:49:00 AM  

Aku koq jadi tidak simpati lagi sama Mano...

Post a Comment

newer page older page home
top