Thursday, December 03, 2009

5 Cara Mudah Menghadapi SPYWARE

5 Cara Mudah Menghadapi SPYWARE
Spyware adalah program pengganggu pada komputer kita ( memata-matai, mengintip dll ). Di sini ada 5 cara mudah untuk meng-antisipasi Spyware pada komputer kita.
1. Gunakan anti spyware program
Untuk mencegah adanya program-program yang terpasang di komputer anda tanpa anda ketahui yang fungsinya merekam setiap aktifitas anda di dunia maya.
Anti spyware akan mendeteksi, menghapus dan mem-block banyak program yang mencurigakan seperti keylogger dan spyware maupun program-program yang tidak jelas fungsinya dan biasanya terinstall secara otomatis saat anda surfing.

2. Hati-hati menggunakan program Freeware.
Banyak program-program freeware yang tersedia di internet yang memberikan kebebasan kepada anda untuk memakainya karena memang gratis!. Tapi untuk kewaspadaan anda cobalah test untuk memastikan bahwa program-program freeware tersebut bebas dari Virus, spyware maupun program pengintai lainnya. Tidak semua program-program freeware itu berbahaya tapi umumnya terdapat program spyware yang akan membuat pesan pop-up dan kemudian menghubungkan diri secara otomatis ke search engine dari browser internet komputer anda. Spyware akan menyebabkan lambatnya sistem operasi bekerja, membuat kerusakan pada hard disk (file corrupst) atau membanjiri komputer anda dengan tampilan Pop-Up yang tidak menyenangkan.

3. Ber-internet yang aman.
Pada saat anda online, perhatikan situs yang anda kunjungi. Tanamkan dalam pikiran anda bahwa situs yang mencurigakan, seperti situs-situs crack, porno atau semacamnya itu mengandung atau berisi program-program spyware yang dapat menjangkiti komputer anda. Jika anda membuka situs tersebut, jangan katakan Ya untuk apapun yang di tawarkan situs tersebut. Biasanya anda akan diminta untuk meng-klik tombol Yes yang merupakan suatu trik dari untuk menjangkiti komputer anda.

4. Gunakan Firewall Komputer
Memang computer yang terinstall firewall akan jadi lebih rewel dari sebelumnya, karena setiap permintaan koneksi dari suatu aplikasi ke computer anda, akan selalu meminta konfirmasi dari anda apakah permintaan koneksi tersebut anda ijinkan atau tidak.Firewall akan mengawasi setiap aktivitas yang membahayakan komputer anda dan memberitahukan segera bila ada yang mencurigakan. Pada sistem operasi windows XP SP2 telah terintegrasi program firewall dan anda dapat mengaktifkannya disamping banyak juga tersedia program firewall yang lain baik yang gratis maupun yang bayar, seperti Sygate Personal Firewall, Tiny Personal Firewall , Agnitum Outpost Firewall Pro, Norton personal firewall 2005, McAfee Personal Firewall Plus dan masih banyak lagi. Firewall yang sudah terintegrasi pada windows XP SP2.

5. Selalu meng-update Sistem Operasi
Bagi anda pengguna sistem operasi windows, update file security selalu tersedia dan bisa anda lakukan dengan mengaktifkan browser Internet Explorer, kemudian pilih menu Tools Windows Update, atau dengan mengaktifkan secara otomatis update lewat menu Control Panel Automatic Update. Banyak program spyware yang menjadikan komputer yang belum ter-update atau sistem operasi yang belum di patch sebagai sasarannya. Program Trojan atau program yang membahayakan lainnya dapat dengan mudah untuk masuk ke komputer melalui celah keamanan dari sistem operasi yang tidak ter-update. Automatic Update pada sistem operasi Windows XP SP2 yang dapat di setting sesuai dengan keperluan dan kenyamanan anda. Mudah-mudahan Tips ini bisa membantu sobat untuk dapat menghindari Spyware.

Jika masih ada cara yang lain lagi, mohon sharenya pada komentar ya?
Semoga bermanfaat...

Anda Sudah Baca Yang Ini? :

8 komentar:

Klik Here To Show All Comment


Rock Thursday, December 03, 2009 1:03:00 AM  

Sippp...
Makasih tips nya dik...

khusnul Thursday, December 03, 2009 1:43:00 AM  

@ Rock; Makasih juga atas komentnya kak...

Seti@wan Dirgant@Ra Thursday, December 03, 2009 6:29:00 AM  

Pada saat download program di Internet, kalau bisa baca dulu EULA nya (End-User License Agreement) karena biasanya di dalam klausalnya sengaja dibuat serumit dan sepanjang mungkin yang mungkin didalamnya ada klausal untuk instalasi spyware.

Seti@wan Dirgant@Ra Thursday, December 03, 2009 6:30:00 AM  

# Apabila saat browsing, keluar pop-up window, jangan click ke windows tersebut tapi langsung tutup windows tersebut.

Seti@wan Dirgant@Ra Thursday, December 03, 2009 6:47:00 AM  

Oh yah .... icon newer post dan old post yang dibawah kotak koment koq sering galat sih dinda??

Rizky2009 Thursday, December 03, 2009 1:04:00 PM  

makasih dek informasinya, nambah pengetahuan baru

Mas acrom Friday, December 04, 2009 11:43:00 AM  

Wah ternyata ada cara mudahnya juga ya....

khusnul Friday, December 04, 2009 11:33:00 PM  

:X
waduh mesti ganti icon lagi nih home,newer and old post.

makasih kak setiawan...

Post a Comment

newer page older page home
top