Sunday, September 27, 2009

Tips dan Trick Membuat betah pengunjung Blog ( Blog Cantik )


Mempercantik Blog memang perlu, dengan memasang widget dan aksesoris bisa membuat tampilan blog kelihatan bagus dan menarik hati pengunjung. Tapi jangan lupa jika aksesoris widget itu bisa membuat load blog jadi berat ( blog gendut ). Akhirnya pengunjung blog pun kabur gak jadi berkunjung karena kelamaan membuka blog. Seperti blogku ini aku selalu kurangi atribut yang membuat load berat. Yuk kita share lagi mengenai agar pengunjung betah di blog kita.

1. Cek Blog kita pada beberapa web browser yang berbeda: Tampilan halaman kita begitu cantik di browser firefox tetapi belum tentu bagus di browser IE atau Opera atau browser yang lain. Ingat pengunjung blog kita tidak hanya menggunakan satu browser saja. untuk itu kita coba lakukan pengecekan dengan browser yang berbeda, misalkan : Firefox, Flock, Mozilla, IE, Opera, Safari. ( Setuju nggak? )

2. Warna pada blog : Pilih warna sesuai dengan tema blog Kita. jika blog kita tentang agama jangan pilih warna hitam, terlihat janggal bukan? kebanyakan warna hitam lebih cenderung ke situs yang bertemakan underground. Seperti blogku ini...hik ( Betul nggak? )

3. Hindari Memasang Jam : Tanyakan pada diri kita sendiri apa gunanya memasang jam di blog kita?, jika hanya sebagai pengingat waktu atau untuk mempercantik halaman sebaiknya tidak usah digunakan, apa gunanya jam pada taksbar windows. yang jelas bakal bikin load page kita semakin berat. ( Bener nggak? )

4. Hindari pasang kalender : Apa gunanya kalender windows? orang butuh informasi dari blog kita bukan ingin melihat kalender. ( Ha yooo, kalau yang ini masuk akal nggak? )

5. Hindari pasang jumlah pengunjung tetap: jika blog anda baru jangan gunakan jumlah pengunjung (counter), ini akan berakibat penilaian yang buruk terhadap blog kita. walaupun untuk beberapa penyedia layanan counter menyediakan fasilitas untuk memanipulasi dan menambah jumlah pengunjung secara manual, coba kita pikir blog yang baru dibuat sudah mencapai 100.000 pengunjung apa itu mungkin?. ( Hi...hi... )

6. Jangan memelas untuk meminta mengklik iklan : hindari kata "klik iklan dibawah ini" atau bahasa apapun yang meminta pengunjung kita untuk mengklik iklan. ( Kalau pengunjung sudah tahu, pasti klik iklan sendiri, ya nggak? )

7. Jangan memasang iklan yang berserakan : Iklan yang banyak memang sangat menguntungkan, namun jangan sampai isi halaman kita hanya iklan dan iklan. Pasang iklan sewajarnya saja dan tahukah anda pengunjung sangat risih dengan adanya iklan yang telihat melebihi kapasitas dari isi halaman blog kita. ( setuju...)

8. Hindari memasang lagu pada blog : Selain bikin halaman berat blog yang menampilkan lagu agak terkesan tidak profesional dan maaf agak terkesan jaman dulu (jadul). Tidak masalah jika blog kita tentang musik atau blog personal tapi untuk blok bisnis kayanya kurang cocok. ( waduuuh kalau yang ini aku kadang pasang lagu, kadang aku buang, kadang-kadang jadinya...)

9. Menampilkan status IP pengunjung : Blog kita bukan program spy khan?, jadi lebih baik tidak usah dipasang agar pengunjung tidak merasa dimata-matai. ( Siiip ... )

10. Memasang widgets yang tidak ada hubunganganya dengan blog : Menambahkan widgets memang menyenangkan tapi jika tidak ada hubungannya malah blog kita terkesan aneh. pasanglah widget sesuai dengan kebutuhan saja. ( Kalau yang ini rasanya masih sulit bagiku...)

11. Jangan hanya Copy-Paste : Saya tidak melarang anda untuk melakukan Copy-Paste, jika memang dilakukan sebaiknya perbaiki juga code scriptnya, hargai jerih payah penulis sebenarnya karna jika hanya copy-paste tulisannya tidak bakal terlihat rapi dan kemungkinan gambar yang di ikutsertakan tidak bakal muncul. ( Termasuk aku yang juga copas...tapi jarang-jarang...hi hi...maaf ya, jika ada sahabat yang pernah aku copas...)

12. Perhatikan tanda baca : Perhatikan tulisan kita apakah sudah benar tanda bacanya. Kesalahan dalam titik koma saja akan berakibat mempunyai arti yang berbeda. ( Makanya harus di periksa ulang jika kita mau Posting )...

13. Jangan gunakan gambar yang besar : Gambar memang mempercantik halaman kita, gambar yang besar justru jadi bumerang buat loading page kita. yang jelas blog kita pasti akan diabaikan untuk sementara waktu ketika loading page sedang berjalan. ( Betul sekali..)

14. Periksa Dead link : Link yang telah mati bakal tidak disukai pembaca, jangan kan pembaca search engine pun tidak menyukai hal ini. Lakukan pengecekan dead link sesering mungkin, banyak tools di internet yang bisa melakukan tugas ini. ( Waduh kalau yang ini aku gak paham...share dong sobat, apa sih Dead link? )

15. Jangan terlalu banyak memposting artikel orang lain : Ini akan mendapat respon buruk dari pembaca, karna pembaca akan lebih berpikir lebih baik membaca kesumbernya secara langsung. ( Nah ini setuju sekali...)

16. Selalu pasang nama sumber artikel : Blog yang profesional selalu menghargai jerih payah orang lain, yang jelas memasang nama sumber tidak merugikan kita sedikitpun sebaliknya penghargaan atas jerih payah orang lain itulah yang membuat kita terlihat lebih profesional. ( Seperti aku nih, sumber tips ini dari http://www.o-om.com/2007/09/17-tips-agar-halaman-blog-tampil.html...makasih ya o-om.com, maaf aku copas nih buat pelajaran bagiku )

17. Cara merespon komentar yang baik : Jangan pernah bersikap menggurui, hargai semua komentar dengan bijak walau pun ada beberapa komentar yang menyebalkan. Ingat! blog tempat orang menuangkan semua ide dan pemikiran jadi semua orang pasti mempunyai pendapat yang berbeda. ( Setuju sekali, walaupun kadang sakit hati...hik...)

18. Jika sedang On line lakukan jawaban di Shoutbox. ( Seakan kita berkomunikasi walaupun kadang pengunjung setelah meninggalkan pesan langsung kabur...hik )

19. Pasang Link Sahabat kita. ( Sahabat akan senang jika melihat Link kita saling terisi...)

20. Apa lagi ya? Ehhhmmm Buat seringan mungkin load blog kita waktu di buka. ( Taruh hal-hal yang berat bukanya di bawah...)

21. Komentar yuk...tambahin dong cara yang lebih bagus lagi...terima kasih atas waktu untuk membaca dan berkomentar di sini, ntar aku juga balas komentar... Hidup Blogger, terus semangat untuk berbagi.

Anda Sudah Baca Yang Ini? :

40 komentar:

Klik Here To Show All Comment


Belajar blog newbie Sunday, September 27, 2009 7:54:00 AM  

warna blog semenarik mungkin dengan suasana hati....judul artikel sesuai isi artikel(content number one)kya artikel ini,....admin blog ramah wes py dah saya tambah

Ronaldo Rozalino Sunday, September 27, 2009 7:56:00 AM  

Oke banget nih postingan ..makasih yaaa

lover Sunday, September 27, 2009 7:59:00 AM  

Wah Terima kasih buat VEHEMENT dan Belajar newbie...menambah share lagi nih buatku...


Langsung saat ini juga aku terbang ke VEHEMENT dan Belajar newbie...

seperti biasa, balas komentar...

lover Sunday, September 27, 2009 8:08:00 AM  

@ Terima kasih mas Ronaldo Rozalino...jadi semangat posting terus nih...

jhonson blog Sunday, September 27, 2009 8:12:00 AM  

mantab tuh..saya setuju dgn artikel ini...salam sukses deh buat dek khusnul :D

cahyadi Sunday, September 27, 2009 8:34:00 AM  

wah... udah komplet banget nih adek... makasih ya...

Ocim Sunday, September 27, 2009 8:38:00 AM  

mantap banget, nah bagaimana dng pendapat anda sendiri soal no 11 !!!

lover Sunday, September 27, 2009 8:57:00 AM  

Wah ternyata kakak-kakakku senior semua sudi berkomentar pada blogku ini.

Terima kasih buat :
-WHOAAH
-jhonson blog
-cahyadi
-ocim
-blog si yaqin

Langsung saja deh aku meluncur ke TKP untuk Komentar balik...

Mas Sunday, September 27, 2009 9:54:00 AM  

ramai bloger mahu blognya cantik, kerana itu adalah salah satu pemikat kepada para pengunjung, ibarat seorang dewi jadi rebutan para pria. tapi kadang mereka lupa, terlalu cantik hingga sukar dibuka. akhirnya kurang pengunjung kerana sang dewi sukar dilihat atau dibawa bicara.

Seti@wan Dirgant@Ra Sunday, September 27, 2009 9:55:00 AM  

kayaknya aku nggak punya tambahan lagi nih,... semua terangkum dengan mantap.
makasih dinda...

Seri Sunday, September 27, 2009 10:28:00 AM  

sepertinya seri punya blog agak banyak widget apa ngak berat dibuka ya...nanti seri cek dulu, makasih informasinya dewi.

alkatro Sunday, September 27, 2009 11:26:00 AM  

setuju, alkatro mo ngecilin image,koneksinya lemot mulu, mo otak atik template rada grogi,soalnya masih newbie :)

rumah blogger Sunday, September 27, 2009 11:39:00 AM  

mantap, padat dan berisi...tutorialnya sangat bagus sebagai masukan bagi saya pribadi, karena kata kawan2 blog ku sangat berat..nanti kita evaluasi lg...kalau enggk perlu baiknya dibuang yaaa...sukses selalu untuk adik qu yg imuut...heheheee

Materi Kuliah Sunday, September 27, 2009 1:10:00 PM  

lam kenal... uhy... blog nya elxanya kurus bgt... tukeran link dunx...

Buaya Darat Sunday, September 27, 2009 3:11:00 PM  

newbie punya widget ngak banyak dewi...tapi kalo di cek metatagnya gagal, katanya terlalu besar isi kandungannya.

opotoiki Sunday, September 27, 2009 5:04:00 PM  

hehe pantesan sekarang blognya rada langsing, dulu masuk blog ini loadnya lama bgt.

lover Sunday, September 27, 2009 5:12:00 PM  

waaaah...terima kasih atas semua komentarnya yang bagus sekali buat saya, bisa tambah semangat nih postinganku...

lover Sunday, September 27, 2009 5:14:00 PM  

O ya kok belum ada yang mbahas Dead link ya? setelah aku rasakan ternyata Dead Link itu memasang Link yang bisa pengunjung cepat meninggalkan kita / Link Tautan...(kecuali Award atau hadiah Tag dari sahabat).

anwar iqna a.k.a Xna kool Sunday, September 27, 2009 6:07:00 PM  
This comment has been removed by a blog administrator.
SehatzBlog Sunday, September 27, 2009 6:19:00 PM  

hmm...oke jg, tapi aku menitik beratkan pada blog yg pake lagu dan pop up...karena menurutku itulah yang paling berat...apalagi koneksiku yg rada lelet...huh..jd bete..
(sorry ya kalo ada yg marah...namanya jg unek2...piss)

kel Sunday, September 27, 2009 7:15:00 PM  

kalau udah gendut, nak lari pun susah, hik..
so sama-sama kita kurangkan jadi gendut. Semoga tip yang diberikan oleh khusnul bisa membuatkan kita sama-sama mendapat manfaat.Terima kasih banget ya.

mybisnis Sunday, September 27, 2009 7:16:00 PM  

malam mba kluwan lover...tipsnya menarik banget 99,99999% setuju banget sisanya untuk yg nomor 21 soalnya belum bisa nambahin nich...untuk hal-2 yg memberatkan load wach saya setuju banget dach..saya jg sebenarnya punya rencana merubah banner teman jadi link tapi kayanya jadi tidak menghargai usaha teman utk membuat banner yang tampil cantik dan menarik utk itu batal dech (klu yg ini setuju ngga mba)..mba kluwan saya mau pasang linknya tapi teksnya aja boleh ngga????

aan Sunday, September 27, 2009 7:20:00 PM  

tipsnya kengkap banget sob..............!

gue coba sulu dech

ajun Sunday, September 27, 2009 7:55:00 PM  

nice share..pntesan ni alexa ranknya kecil..bgi2 trik yg lain mba,,

Pilihan Sempurna Sunday, September 27, 2009 11:39:00 PM  

panjang juga ya...
hehe...
tapi emang mantap infonya...
btw aku ambil bannernya ya....

lover Monday, September 28, 2009 1:46:00 AM  

Special Thank :
@ anwar iqna a.k.a Xna kool : langsung aku follow balik....

@ SehatzBlog : Semoga kita semua selalu Sehat dengan sering berkunjung ke Sehat Blog dan aku rasa gak ada yg marah, malahan thanks banget atas sharenya, jadi agak takut lagi nih mau pasang lagu...

@ kel /pengumpul blog : Kalau gendut lebih baik Diet, hi hi mau lari ya kalah sama yang langsing... yang jelas terima kasih atas Commentnya.

@ mybisnis, : Untuk Link Banner sahabat di blogku ini aku taruh di tempat khusus satu halaman tersendiri (penuh)...
Ada Disini http://kluwan.blogspot.com/2009/08/all-banner-my-friend.html

Linknya langsung aku pasang...makasih

@ aan / imam : Terima kasih ya?

@ ajunland : untuk tante Alexa tipsnya agak mudah yaitu kita sering kunjungi Tante Alexa, posting tentang tante Alexa, beres deh...

@ Pilihan Sempurna : maunya pendek, eeh malah jadi panjang. Makasih ya? dan link sudah aku pasang...

Silahkan di tunggu lagi share dari sahabat-sahabat yang baik hati...

Alfred Siapa Yang Pantas Monday, September 28, 2009 3:47:00 AM  

halo lover... salam hangat... :D
mantab sekali review dan tips nyah :D
makasi yah ... sebagai blogger baru, saya mendapat pelajaran berarti dari postingan lover yang ini :D

hem, sebagai blogger baru, boleh saya minta tolong nieh:D ?

tolong kasi kritik dan saran dong buat blog saya yang baru jadi beberapa minggu nieh :D
Silakan dikunjungi yah, dan berikan komentar yah, terkait posting lover yang ini :D

makasi.. :D salam hangat :D
ALFRED :D

opotoiki Monday, September 28, 2009 8:23:00 AM  

deadlink itu adalah brokenlink bukan ya? -mikir- link yg menuju halaman notfound atau link rusak.

Udik-Net Monday, September 28, 2009 10:41:00 AM  

OK deh... disini emang artikel bagus2, jadi aku betah banget untuk membolak-balik cari info disini makasih sob......

Udik-Net Monday, September 28, 2009 10:47:00 AM  

bukanlah deadlink = broken link kalo ya coba cek disini bro http://ndeso-net.blogspot.com/2009/06/ngecek-link-rusak-broken-link.html

Saung Web Monday, September 28, 2009 5:12:00 PM  

Duh banyak yg mesti kuperbaiki nih... makasih atas tips nya ya... oh ya... met lebaran juga deh...

FREDDY JUSUF Monday, October 05, 2009 11:03:00 AM  

Lam kenal :)
TY banget infonya :) sy baru memulai bikin blog bermanfaat sekali infonya ,apalagi buat orang2 Gatek kaya sy wkkkkk
ty...ty...salutt:)

I'am Blogoholic !!! Monday, October 19, 2009 4:13:00 AM  

Sips...!!!
Tipsnya sangat membantu saya...

Tips n Tricks Saturday, December 12, 2009 7:47:00 AM  

hik..jadi malu..spertinya blog qu jau dari saran diatas...

Baca Manga Friday, June 11, 2010 3:54:00 PM  

Mengajak tukar link dan berteman sob...:D

lagi belajar mencari backlink :D

maaf sebelumnya bukan spam...

mohon dimengerti

salam kenal

Post a Comment

newer page older page home
top