Wednesday, November 11, 2009

Kenapa Bayi Menangis Bukannya Tertawa Saat Baru Lahir?

bayi nangis
Sering timbul pertanyaan, kenapa bayi baru lahir menangis? bukannya tertawa? Orang zaman dulu bahkan membuat filosofi tangis bayi sebagai tanda perjuangan hidup yang akan dilakoninya tidaklah mudah. Tapi sebenarnya ada penjelasan ilmiah kenapa bayi yang lahir menangis.
Semua ibu melahirkan pasti bahagia dan merasa hilang sakitnya saat mendengar bayi yang dilahirkan menangis. Ini juga bisa menjadi salah satu indikator bahwa bayinya telah lahir ke dunia dalam keadaan selamat.
Seperti diketahui oleh semua orang bahwa bayi hanya bisa berkomunikasi dengan orangtuanya hanya melalui tangisan saja, karena itu tangisan bayi yang terdengar saat dilahirkan adalah salah satu bentuk komunikasi dari si bayi.
Selama di dalam kandungan bayi hidup dalam lingkungan yang berair dan terdapat jalan yang menghubungkan jantung dan paru-paru untuk membantu bayi mendapatkan nutrisi dari darah ibu. Ketika bayi baru dilahirkan, bayi mengambil napas untuk pertama kalinya melalui perubahan peredaran darah dan dengan menangis membantu membuka sirkulasi untuk mengirim oksigen melalui paru-paru.
Tangisan pada bayi tersebut membantu membuka paru-parunya agar bisa menghirup oksigen. Dan tepukan pelan di bagian belakang tubuh bayi berguna untuk mendorong bayi agar melakukan pernafasan udara. Selain itu, menangis juga merupakan salah satu cara bayi berkomunikasi.
Selain membantu bayi dalam pernapasan dengan menggunakan paru-parunya, menangis saat dilahirkan juga membantu aktivitas dari anggota tubuh bayi itu sendiri. Karena saat menangis secara otomatis bayi tersebut akan bergerak.
Jadi sudah sewajarnya jika bayi yang baru dilahirkan tersebut menangis, karena itu merupakan pertama kalinya si bayi bisa melihat dunia. Justru jika bayi tidak menangis, berarti ada yang tidak beres dengan kondisi bayi tersebut dan dokter harus segera mencari tahu.

Anda Sudah Baca Yang Ini? :

28 komentar:

Klik Here To Show All Comment


Willyo Alsyah P. Isman Wednesday, November 11, 2009 11:45:00 AM  

Pertamaxxxxxxxxxxxxx..........
sebenarnya sih..heran liat bapaknya kok gondrong gitu...pdhl waktu masuk bapaknya botak..hehehe..bercanda ya...

jhonson wijaya Wednesday, November 11, 2009 12:19:00 PM  

memang cara terbaik dlm merangsang paru2 bayi utk bekerja ada lah nangis,maka tidak heran kalau bayi lahir itu nangis.

menurut penelitian Dr.cowell Scneider dr belanda,tertawa itu tidak terlalu berpengaruh dalam merangsang paru2 bayi untuk bekerja.karena tertawa dan menangis mempunyai ritme pemasukan sirkulasi oksigen dan peredaran darah yg berbeda. yang dimana nangis itu lebih mempunyai ritme yg teratur dari pada tertawa.

jadi nangis itu bukan hanya merangsang paru2 bayi...tapi juga membantu katup aorta jantung bayi untuk pertama kali bekerja.

jika bayi yg lahir tidak nangis kebanyakan itu bermasalah pada katup aorta dari jantung bayi tersebut.makanya sering kali kita lihat kalau bayi lahir gak nangis langsung bayi di pegang kedua kakinya trus pantatnya di pukul...cara ini menurut dunia medis bisa merangsang darah terpompa mengalir melalui katup aorta jantung sehingga diharapkan bayi akan menanggis.

sekian aza dah...bukan coment lg nih dek malah jadi posting wkwkwkwkwk...ngomong2 good posting :)

ekosulistio Wednesday, November 11, 2009 12:28:00 PM  
This comment has been removed by a blog administrator.
Rihar Diana(dhana) Wednesday, November 11, 2009 12:37:00 PM  

salam sahabat
wah unik juga kalo di bahas namun memang demikianlah adanya ya ga??thnxs n good luck ya

Munir Ardi Wednesday, November 11, 2009 1:22:00 PM  

oh gitu yah sebabnya bayi selalu nangis kalau baru lahir

seribahasa Wednesday, November 11, 2009 2:07:00 PM  

mungkin ada sebabnya dia menangis. ataukah mungkin rohnya merasa kesal harus berada di alam manusia ini yang penuh dengan cobaan dan dugaan.

Ramuni Wednesday, November 11, 2009 4:30:00 PM  

kata ibu, saat dulu aq hadir didunia ini tidak menangis. setelah agak lama aq baru menangis.

AmruSite Wednesday, November 11, 2009 4:43:00 PM  

Kalau bayi yang lahir ketawa mungkun khusnul ya.. hihihi..
Tp biasanya seorang ibu yg baru melahirkan memang lebih lega kalau bayinya nangis dari pada yang diam aja, apalagi sampai ketawa (katanya sich)...

Rizky2009 Wednesday, November 11, 2009 6:14:00 PM  

Cinta dimulai dengan sebuah senyum dan berakhir dengan air mata. Ketika kita dilahirkan, kita adalah orang yang menangis, sementara orang-orang disekeliling kita tersenyum bahagia. Ketika kita meninggalkan hidup, maka kita adalah pihak yang tersenyum begitu bahagia... sementara orang disekeliling kita menangis.

itulah sebabnya kenapa bayi kalau lahir menagis

aan Wednesday, November 11, 2009 6:43:00 PM  

karena melihat dunia ini penuh dg kemaksiatan dan dosa,sehingga bayi itu menangis..( ini mitos loh )

PhonanK Wednesday, November 11, 2009 7:14:00 PM  

itu secara ilmiah yah..??

kalau secara nalar beberapa orang, bayi menangis karena dia sedih harus karena harus hidup dan harus menjalani kehidupan di dunia ini.

Karena sebelumnya bayi2 itu sudah bahagia di Syurga,,
halaaah..

gtw deh bener apa kagak,,

aininovia Wednesday, November 11, 2009 7:32:00 PM  

wah..kalo menurut penelitian saya, kalo bayi yg baru keluar dari perut ibunya nggak menangis, itu mah bukan bayi namanya, itu mas tukul cengengesan baru nongol di tipi...nggak nyambung ya?..he..hew..

pencari cara sukses adsense Wednesday, November 11, 2009 8:34:00 PM  

lha iya saat dilahirkan, kita menangis yang lain tertawa, maka saat meninggalkan dunia ini,kita harus bisa tertawa dan semua menangisi kepergian kita karena merasa kehilangan kita :)

blogpenghasiluang.blogspot.com (name/url na mana to)

MU Fans Thursday, November 12, 2009 3:38:00 AM  

Klo ketawa aneh donk... Ya begitulah diciptakan.

Bahauddin Amyasi Thursday, November 12, 2009 3:49:00 AM  

Saya pikir, bayi emang harus nangis deh kalo pas keluar dari rahim ibunya, soalnya kalo gak nangis, wah nanti disangkanya mati tuh! gak konek ya? Hehe..

Salam akrab, Mbak...

kumpulanmp3-pophits Thursday, November 12, 2009 7:45:00 AM  

Soalnya dia gak boleh liat OVJ...
Coba kalo sama dokternya diijinin liat ...
Pasti dia bakalan tertawa. Hua....ha...ha.....

Me Thursday, November 12, 2009 3:34:00 PM  

Klo bayinya ketawa mungkin dokter ma ibunya langsung pingsan... :)

Artnoris Thursday, November 12, 2009 7:52:00 PM  

hihihi.. abis takut ama tuh bidan, tangannya berlumuran darah :))

rumah-blogger.com Friday, November 13, 2009 6:18:00 AM  

sebenarnya bayi itu nangis karena merasa dibodohi selama ini....heheheeee akkhh males nerusinnya, nanti dikira porno lagi, cikcikcikcik

sabirinnet.com Friday, November 13, 2009 6:23:00 AM  

iyaa laahh..kan dari alam kegelapan pindah kealam tarang benderang...

Seti@wan Dirgant@Ra Monday, November 16, 2009 8:39:00 AM  

Gambarnya lucu banget,...
Koq nggak nangis???

shevy Saturday, December 26, 2009 4:12:00 AM  

sakit kali mas, gara2 gerbang keluarya kecil..
hihihi
becanda mas,,
salam,,

cinsurance Saturday, December 26, 2009 4:15:00 AM  

iya mas kalo pas keluar ketawa ngakak itu bukan bayi tapi kek mbah surip alm.
huahahahaha (ngakak mode = on)

salam kenal mas,,

Seti@wan Dirgant@Ra Sunday, January 03, 2010 8:44:00 AM  

Menangis menandakan organ2 tbuh bayi tsb tlah bkerja tnpa bntuan si ibu. Jika bayi tdk menangis, kmungkinan besar menandakn keadaan bayi pd kondisi krg baik.,salah 1nya asfiksia..

Seti@wan Dirgant@Ra Sunday, January 03, 2010 8:44:00 AM  

bayi menangiz karena itulah reaksi yang menandakan responsnya terhadap perbedaan dunia dalam dan luar rahim. Salah satunya per-bedaan suhu dalam kandungan (36-36,5 derajat Celsius) dan suhu ruangan yang biasanya lebih rendah. Selain itu, di dalam kandungan tentu lebih gelap daripada dunia luar. Responsnya yang aktif terhadap lingkungan baru menjadi petunjuk bahwa si bayi dalam kondisi yang baik.

Seti@wan Dirgant@Ra Sunday, January 03, 2010 8:45:00 AM  

Tangisan bayi saat dilahirkan bisa dijadikan petunjuk bahwa paru-parunya sudah mampu bekerja dengan baik. Mengapa? Karena menangis mengharuskan udara keluar-masuk melalui paru-paru.

Seti@wan Dirgant@Ra Sunday, January 03, 2010 8:45:00 AM  

Jika bayi baru lahir tidak langsung menangis, dokter akan segera curiga bahwa sistem pernapasannya tidak bekerja dengan baik. Ini artinya ada yang tidak normal dengan organ paru-parunya. Boleh jadi karena paru-paru si kecil belum terbentuk sempurna, mengalami kelainan, atau terinfeksi cairan ketuban.

khusnul Wednesday, January 06, 2010 3:40:00 PM  

wah...gak ada yang salah deh...
wwkkkk wkkkk

Post a Comment

newer page older page home
top