Friday, February 26, 2010

manfaat daun pisang

Buah pisang bukan sesuatu yang istimewa atau aneh dalam keseharian kita. Setiap orang setidaknya pernah mengonsumsi buah yang bernama Latin Musa sapientum L ini. Kalau di Kota Metropolitan pohon pisang sudah jarang ditemukan, di luar Ibu Kota orang masih bisa menemukannya dengan mudah. Tanaman ini biasa ditemukan di lahan-lahan kosong, atau di halaman rumah.

Walaupun sedemikian akrab dengan pisang, bisa jadi tak banyak orang tahu multimanfaat dari tanaman ini. Buah pisang, misalnya, memiliki kandungan zat gula (karbohidrat) yang lebih tinggi ketimbang yang dikandung oleh buah-buah yang lain. Karena itu, buah pisang bisa menjadi salah satu sumber tenaga yang baik bagi tubuh kita. Manfaat lainnya, buah pisang pun sangat aman dikonsumsi saat perut kita tengah kosong, atau ketika dikonsumsi oleh penderita tukak lambung.

Unsur folat alami yang dikandun buah pisang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Buah berwarna kekuningan ini mengandung kadar zat besi yang tinggi sehingga sangat bagus bagi penderita anemia karena bisa menunjang proses terapi nutrisi. Bagi penderita sakit perut dan gangguan pencernaan buah pisang menjadi sahabat sangat baik untuk menghadapi sakit tersebut.

Tak hanya buahnya yang bermanfaat bagi manusia. Daun pisang pun ternyata memiliki manfaat yang cukup baik. Selain digunakan sebagai pembungkus makanan, daunnya ternyata bisa digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar. Caranya, bakar daun pisang itu hingga menjadi abu, lalu campurkan abu daun pisang dengan minyak kelapa. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada kulit yang terbakar itu. Efeknya mampu mendinginkan kulit yang terbakar sekaligus membuka pembentukan sel kulit baru.

Dari getahnya pun pohon pisang bermanfaat. Getahnya cukup ampuh sebagai obat luka, terutama luka akibat senjata tajam. Selain bisa menghentikan pendarahan, getah pohon pisang dapat mempercepat proses merapatnya bagian yang terkena luka. Dulu sebelum masyarakat mengenal obat merah getah pohon pisah dipakai sebagai obat utama luka-luka.

pisang02 : phuketjettour.com
pisang03 : kepu.ac.cn
pisang04 : 7art-screensavers.com

(n epe/dari berbagai sumber )

Anda Sudah Baca Yang Ini? :

8 komentar:

Klik Here To Show All Comment


Anonymous,  Friday, February 26, 2010 6:22:00 PM  

yang jelas daun pisang sangat berguna untuk pepes ikan, hehehehee

Anonymous,  Friday, February 26, 2010 6:24:00 PM  

baru tahu kalau daun pisang banyak gunanya ya, malah ada juga yg bilang daun pisang yang masih muda bisa untuk obat penyakit mag, apa benar ya??

Bayu Lebond Friday, February 26, 2010 10:07:00 PM  

sips dah...gw mo stock daun pisang yg banyak ah...tp di lingkungan rumah gw gak ada pohon pisang neh...

Beben Koben Saturday, February 27, 2010 1:44:00 PM  

semua pisang toh nul...wah wah ternyata kegunaannya buanyak

Rival Aditya Saturday, February 27, 2010 4:47:00 PM  

wah terima kasih bnyk De' infonya... mang bnyk bgt kegunan dri daun pisang ..., klau ddaerah mas riv dbuat untuk bungkus Nogo Sari

Post a Comment

newer page older page home
top